Sekilas Pelindo III

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III merupakan Perusahaan yang berperan dalam mengelola dan membawahi 43 (empat puluh tiga) Pelabuhan Umum di 7 (tujuh) wilayah provinsi Indonesia. Didirikan pada 1 Desember 1992, Perseroan terus melakukan pengembangan dan memberikan layanan terintegrasi di segmen penyediaan jasa kepelabuhanan. Hingga saat ini, Perseroan juga berperan sebagai Perusahaan Induk (holding company) dari anak usaha yang ada.

Setelah cukup lama berkiprah sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam sektor Perhubungan, Perseroan senantiasa bekerja keras dalam memenuhi segala tugas, wewenang, dan tanggung jawabnya untuk mengelola 43 (empat puluh tiga) Pelabuhan Umum yang terdiri atas Cabang Utama, kelas I, II, III, dan kawasan. Tujuh wilayah Provinsi tersebut adalah di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Sebagai holding company, Perseroan membawahi 11 (sebelas) anak usaha dan perusahaan afiliasi yang bergerak dalam beragam sektor terkait jasa kepelabuhan seperti logistik, layanan kesehatan, petikemas, pengelola terminal curah cair dan gas, sarana bantu pemanduan, operator terminal, penyedia tenaga kerja, jasa pemeliharaan, pengelolaan alur pelayaran, kawasan industri, bongkar muat dan lain sebagainya.

Sebagai penyedia jasa kepelabuhanan terpenting di Indonesia, Perseroan memiliki peran kunci untuk menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Perseroan mampu menggerakkan dan menggairahkan kegiatan ekonomi Negara dan masyarakat.

Berdasarkan Undang-Undang No.17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, Perseroan bertanggung jawab atas Keselamatan Pelayaran, Penyelenggaraan Pelabuhan, Angkutan Perairan, dan Lingkungan Maritim. Saat ini status Perseroan bukan lagi sebagai “regulator” melainkan “operator” Pelabuhan yang secara otomatis mengubah bisnis Perseroan dari Port Operator menjadi Terminal Operator.

Surat dari Kementerian Perhubungan, Dirjen Perhubungan Laut yang diterbitkan bulan Februari 2011 menjelaskan tentang penunjukan Perseroan sebagai Badan Usaha Pelabuhan (BUP), semakin menegaskan peran Perseroan sebagai Terminal Operator.

 

BIDANG USAHA UTAMA

Sesuai dengan pasal 3 ayat 2 Anggaran Dasar Perseroan, maksud dan tujuan Perseroan ini adalah melakukan usaha di bidang penyelenggaraan dan pengusahaan jasa kepelabuhanan, serta meningkatkan nilai Perseroan dengan optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang dimiliki Perseroan untuk menghasilkan barang dan/atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat untuk mendapatkan/mengejar keuntungan guna menerapkan prinsip - prinsip Perseroan Terbatas. 

Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut di atas, Perseroan dapat melaksanakan kegiatan usaha utama sebagai berikut:

  • Penyediaan dan/atau pelayanan kolam – kolam pelabuhan dan perairan untuk lalu lintas dan tempat – tempat berlabuhnya kapal;
  • Penyediaan dan/atau pelayanan jasa – jasa yang berhubungan dengan pemanduan (pilotage) dan penundaan kapal;
  • Penyediaan dan/atau pelayanan dermaga dan fasilitas lain untuk bertambat, bongkar muat petikemas, curah cair, curah kering, multipurpose (general cargo), barang termasuk hewan, dan fasilitas naik turunnya penumpang dan/atau kendaraan;
  • Penyediaan pelayanan jasa bongkar muat petikemas, curah cair, curah kering, general cargo, dan kendaraan.
  • Penyediaan dan/atau pelayanan jasa terminal petikemas, curah cair, curah kering, multipurpose, penumpang, pelayaran rakyat, dan Ro-Ro.
  • Penyediaan dan/atau pelayanan gudang-gudang dan lapangan penumpukan dan tangki/tempat penimbunan barang– barang, angkutan bandar, alat bongkar muat, serta peralatan pelabuhan;
  • Penyediaan dan/atau pelayanan lahan untuk berbagai bangunan dan lapangan, industri dan gedung – gedung/bangunan yang berhubungan dengan kepentingan kelancaran angkutan multimoda;
  • Penyediaan dan/atau pelayanan listrik, air minum;
  • Penyediaan dan/atau pelayanan kegiatan konsolidasi dan distribusi muatan.

 

VISI DAN MISI

Untuk mewujudkan aspirasi stakeholder tersebut, jajaran Perseroan telah menetapkan visi dan misi perusahaan. Visi perusahaan Pelindo III yang tertuang di dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan Tahun 2015-2019 telah disesuaikan dan sejalan dengan UU No. 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, dimana status dan posisi Perseroan selaku Badan Usaha Pelabuhan (BUP) telah mengalami perubahan fungsi dari yang sebelumnya sebagai penyelenggara usaha kepelabuhanan menjadi hanya penyelenggara usaha terminal pelabuhan.

Perusahaan melakukan penyesuaian pada Visi & Misi untuk review RJPP 2015-2019. Pada RJPP 2015-2019 sebelumnya, Perusahaan berkeinginan untuk menjadi pemain global. Maka, ruang lingkup pelayanan jasa kepelabuhanan diperluas tidak hanya dalam lingkup nasional tetapi juga regional / global. Oleh karena itu ditetapkan Visi Perusahaan yaitu “Berkomitmen Memacu Integrasi Logistik Dengan Layanan Jasa Pelabuhan Yang Prima”. Namun Visi tersebut dianggap sudah tercapai di periode 2015-2017. Oleh karena itu, dalam review RJPP 2015-2019 ini Perusahaan menetapkan Visi dan Misi baru, Visi Perusahaan sampai dengan tahun 2019 yaitu:

VISI

Menjadi Pemimpin Bisnis di Pelabuhan

MISI

Misi Perseroan dalam kurun waktu 5 (lima) tahun mendatang adalah:
1.    Menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan untuk peningkatan kepuasan stakeholder;
2.    Memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna jasa layanan bisnis di pelabuhan melalui prinsip tata kelola perusahaan (GCG) yang baik;
3.    Menciptakan solusi bisnis yang cerdasmelalui integritas dan kerja sama dengan mitra strategis.
 

Bisnis & Layanan

BISNIS & LAYANAN

Pelindo III turut serta dalam upaya mensukseskan program pemerintah untuk membangun infrastuktur yang akan meningkatkan konektivitas dan daya saing antardaerah di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, berbagai layanan dan inovasi bisnis terus dikembangkan untuk meningkatkan produktivitas kerja.

LAYANAN ALAT APUNG

Pelindo III mengusahakan berbagai layanan terkait perkapalan. Lingkup usaha Pelindo III pada bidang marine service pada pemanduan dan kapal tunda (pilot and towage service), docking kapal dan perlogistikan kapal. Selain jasa-jasa tersebut, Pelindo III mengusahakan pengerukan alur dan kolam (channel and basin dredging) baik baru maupun perawatan.

ENERGI

Pelindo III melayani segmen usaha pada bidang energy baik untuk minyak dan gas bumi serta ketenagalistrikan. Pelayanan Pelindo III untuk komoditas minyak dan gas bumi meliputi penyediaan terminal energy (oil dan gas), power plant, shore connection, fuel supply dan waste management.

PROPERTI & PARIWISATA

Pelindo III melayani kegiatan sandar kapal cruise di Pelabuhan yang memiliki destinasi wisata internasional. Selain fasilitas pelabuhan, saat ini Pelindo III sedang mengembangkan kawasan wisata marina, kawasan industri dan perkantoran untuk menunjang aktivitas bisnis.

LOGISTIK

Pelindo III melayani pengusahaan logistik untuk menunjang core business kepelabuhanan dan supply chain barang. Proses yang dimulai dari perencanaan hingga pendistribusian barang dari titik awal (point of origin) hingga titik konsumsi (point of consumption) bertujuan untuk mempercepat proses arus barang dan menekan biaya logistik.