Berita Pers

Semarang (11/08) – Lesunya kondisi perekonomian dunia beberapa bulan terakhir membuat sektor perekonomian terpukul, tak terkecuali sektor usaha kecil dan menengah atau UKM. Prihatin terhadap hal ...

Lihat Selengkapnya -->

Dunia Maritim

HMM Algeciras Merapat Di Rotterdam

HMM Algeciras, kapal peti kemas terbesar di dunia, tiba di Pelabuhan Rotterdam tanggal 3 Juni 2020 pada pelayaran perdananya. Dalam sebuah pernyataan dari Pelabuhan Rotterdam mengatakan kapal berlabuh di terminal Rotterdam World Gateway (RWG) untuk membongkar sekitar 1.400 boks peti kemas sebelum melanjutkan perjalanannya.

Kapal berkapasitas 24.000 TEUs memulai pelayaran perdananya dari Pelabuhan Tiongkok Qingdao pada 25 April 2020, setelah itu dilanjutkan ke Pelabuhan Busan, Korea Selatan, kemudian Shanghai dan Yantian, Cina.

HMM Algeciras memecahkan rekor pemanfaatan kapasitas kapal di Pelabuhan Xiamen, Cina, ketika meninggalkan pelabuhan dengan mengangkut 19.621 TEUs. Hal ini mampu mengalahkan rekor sebelumnya 19.574 TEUs yang ditetapkan oleh MSC Gulsun pada pelayaran perdananya tahun 2019.

Selain itu, HMM Algeciras di Mediterania telah melewati Terusan Suez untuk pertama kalinya. HMM Algeciras diluncurkan oleh kapal induk Korea HMM pada 23 April 2020. Merupakan kapal pertama dari 11 armada kapal berkapasitas 24.000 TEUs yang sebagian besar akan dikirimkan tahun ini.

Keberhasilan HMM Algeciras adalah contoh kekuatan dan pentingnya industri maritim di kawasan Asia Tenggara yang memiliki banyak pelabuhan dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Sementara di Asia secara keseluruhan, khususnya China, yang mendominasi industri global.

Ini menunjukkan bagaimana suatu aliansi perusahan pelayaran (shipping alliances) dibangun dengan sebuah ide yang diformulasikan untuk memanfaatkan sumber daya dan mempertahankan standar, juga membantu shipping alliances agar tetap kompetitif. HMM adalah bagian dari THE Alliance, bersama dengan Ocean Network Express (ONE), Hapag-Lloyd dan Yang Ming.

Shipping alliances itu berharap dapat menjadi pemimpin suatu "rekonstruksi" industri maritim Korea Selatan dengan armada kapal megahnya, yang mana telah mengalami kemunduran selama sebagian besar abad ke-21.

Sandar Di Pelabuhan Hamburg Saat Melanjutkan Pelayaran Perdananya

HMM Algeciras tiba di Pelabuhan Hamburg pada tanggal 7 Juni 2020 menyusul pemberhentian perdananya di Pelabuhan Rotterdam. Sebanyak 13.600 TEUs peti kemas dibongkar dan dimuat di Terminal Peti Kemas HHLA Burchardkai - CTB.

HMM Algeciras adalah armada kapal megah baru pertama yang diluncurkan oleh kapal induk Korea HMM yang dirancang untuk mengamankan posisi Korea Selatan sebagai pusat keunggulan dan stabilitas maritim.

"Kami senang bahwa di tengah pandemic saat ini, 'HMM Algeciras' telah dapat menyelesaikan perjalanan perdananya ke Hamburg tanpa masalah," kata Jens Maeier, CEO, Hamburg Port Authority. “Semua lini di Hamburg ikut terlibat memberikan kontribusi pelayanan agar tetap aman dan efisien bagi kapal besar yang luar biasa ini,” lanjutnya.

Dalam pernyataan terpisah, HHLA, operator terminal HMM Algeciras, menggambarkan kunjungan kapal tersebut sebagai "tonggak sejarah" dalam hubungan antara Korea Selatan dan Pelabuhan Hamburg. Hal ini menunjukkan peran peting Pelabuhan Hamburg sebagai pusat laut internasional untuk jasa transportasi.

Angela Titzrath, ketua HHLA, mengatakan: "terutama di saat-saat seperti ini, yang menghadirkan ketidakpastian ekonomi dan pergolakan global, kemitraan yang andal berdasarkan kepercayaan adalah fondasi pembangunan ekonomi yang sukses dan berkelanjutan di Hamburg."

(Disarikan dari www.porttechnology.org oleh Achmad Noor Riduansyah)

Lihat Selengkapnya -->

Galeri Foto