PROGRAM KEMITRAAN & BINA LINGKUNGAN

Sebagai salah satu perusahaan BUMN, Pelindo III memiliki tanggung jawab besar dalam melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Peran dan tanggung jawab sosial Pelindo III dilaksanakan melalui Partnership Program atau lebih dikenal dengan sebutan PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan), sebagaimana yang diatur dalam Permen-05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan.

Kemitraan

Pelindo III sebagai sebuah perusahaan yang berada di tengah-tengah masyarakat merasa memiliki tanggung jawab untuk ikut serta dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya yang ada di sekitar wilayah kerja perusahaan.

Berpegang pada instruksi pemerintah melalui Kementerian BUMN untuk melaksanakan Program Kemitraan, Pelindo III turut andil dalam mengembangkan perekonomian masyarakat melalui 3 cara:

  1. Pemberian pinjaman untuk modal kerja dan/atau pembelian aktiva tetap produktif;
  2. Pinjaman khusus bagi UMK yang telah menjadi binaan yang bersifat pinjaman tambahan dalam rangka memenuhi pesanan dari rekanan usaha UMK Binaan;
  3. Program pendampingan dalam rangka peningkatan kapasitas (capacity building) UMK binaan dalam bentuk bantuan pendidikan/pelatihan, pemagangan, dan promosi.

Usaha kecil yang dapat ikut serta dalam Program Kemitraan Pelindo III harus memenuhi persyaratan sebagaimana berikut:

  1. Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp200.000.000 (dua ratus juta rupiah), tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha atau memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp1.000.000.000 (satu milyar rupiah);
  2. Milik Warga Negara Indonesia;
  3. Berdiri sendiri, bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau berafiliasi baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Menengah atau Usaha Besar;
  4. Berbentuk usaha orang perseorangan, badan usaha yang tidak berbadan hukum, atau badan usaha yang berbadan hukum, termasuk koperasi;
  5. Mempunyai potensi dan prospek usaha untuk dikembangkan;
  6. Telah melakukan kegiatan usaha minimal 1 (satu) tahun;
  7. Belum memenuhi persyaratan perbankan (non bankable).

Bagi masyarakat yang berminat untuk memperoleh dana Program Kemitraan dan menjadi mitra binaan Pelindo III dapat mengajukan proposal permohonan yang di dalamnya memuat:

  1. Data pribadi sesuai KTP;
  2. Data Usaha (bentuk usaha, lamat usaha, mulai mendirikan usaha, jumlah tenaga kerja, dsb);
  3. Data Keuangan meliputi Laporan Keuangan/Catatan Keuangan 3 bulan terakhir;
  4. Rencana Penggunaan Dana Pinjaman;
  5. Melampirkan:
  • Fotocopy KTP Suami/Istri atau identitas lainnya
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Pas Photo ukuran 3x4
  • Ijin Usaha/Surat Keterangan Usaha dari pihak yang berwenang.
  • Gambar/Denah Lokasi Usaha
  • Fotocopy Rekening Bank/Buku Tabungan
  • Laporan Keuangan Sederhana (diisi pada formulir aplikasi)
  • Surat Pernyataan tidak sedang mendapatkan pinjaman Kemitraan dari BUMN lain

Proposal yang telah dibuat selanjutnya dapat dikirimkan ke Kantor Cabang Pelindo III terdekat yang tersebar di 7 propinsi di Indonesia.

Bina Lingkungan

Sebagai sebuah perusahaan, Pelindo III tak pernah lepas dari keberadaan masyarakat yang ada di sekitar lingkungan kerjanya. Semakin maju dan besar suatu perusahaan, maka perusahaan itu akan semakin peduli dengan masyarakat yang ada di sekitarnya. Itulah yang kini menjadi pedoman Manajemen Pelindo III dalam menjalankan roda perusahaan. 

Beragam cara dilakukan Pelindo III dalam menunjukkan kepedulian perusahaan kepada masyarakat. Salah satunya adalah Program Bina Lingkungan yang merupakan pemberian dana hibah untuk kepentingan masyarakat. Pemberian dana yang bersifat hibah ini menjadikan masyarakat yang menerimanya tidak memiliki kewajiban untuk mengembalikan dana tersebut kepada Pelindo III. Walau demikian, Pelindo III menyaratkan agar mereka yang menerima dana Program Bina Lingkungan membuat laporan tertulis beserta bukti atas penggunaan dana bantuan tersebut.

Dana Program Bina Lingkungan dialokasikan Pelindo III untuk hal-hal sebagai berikut:

  1. Bantuan korban bencana alam;
  2. Bantuan pendidikan dan/atau pelatihan;
  3. Bantuan peningkatan kesehatan;
  4. Bantuan pengembangan prasarana dan/atau sarana umum;
  5. Bantuan sarana ibadah;
  6. Bantuan pelestarian alam.

Bagi masyarakat yang hendak mengajukan permohonan untuk dapat memperoleh bantuan Bina Lingkungan, dipersyaratkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Obyek bantuan berada di wilayah pengelolaan perusahaan;
  2. Proposal pengajuan bantuan di lengkapi:
  • Permohonan kepada Direktur SDM dan Umum;
  • Daftar kepanitiaan beserta penanggung jawab dan nomor telepon yang bisa dihubungi;
  • Rencana Anggaran Biaya;
  • Denah menuju lokasi;
  • Foto fisik objek saat pengajuan;
  • Status kepemilikan obyek.

Proposal yang telah dibuat selanjutnya dapat dikirimkan ke Kantor Cabang Pelindo III terdekat yang tersebar di 7 provinsi di Indonesia.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Unit Kerja Program Kemitraan dan Bina Lingkungan melalui nomor telepon (031) 3282251 atau akses website pkbl.pelindo.co.id