Berita Pers

Berita Pers

11 September 2019

Klarifikasi Kejadian Crane Roboh di Kawasan Tanjung Emas Semarang

Semarang (11/9) Sehubungan dengan kejadian insiden berupa robohnya satu unit mobile crane di dermaga navigasi kawasan Pelabuhan Tanjung Emas dan menjawab beberapa pertanyaan dari kawan media, perlu kami klarifikasi bahwa kejadian dan kegiatan yang mengakibatkan insiden tersebut di luar wilayah pengelolaan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) / Pelindo III.

Menurut Wilis Aji, VP Corcom Pelindo III, bahwa lokasi kejadian berada di luar wilayah pengelolaan Pelindo III dan dapat dipastikan semua kegiatan di Pelabuhan Tanjung Emas dan Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) sama sekali tidak terganggu dengan insiden tersebut, semua tetap berjalan dengan normal.

Pelindo III mengoperasikan beberapa dermaga di dalam Pelabuhan Tanjung Emas diantaranya  dermaga Samudera, Nusantara, Pelabuhan Dalam, Multipurpose, Dermaga CPO,  Dermaga Curah Cair dan dermaga TPKS. Untuk dermaga khusus Navigasi tersebut digunakan dan dioperasikan langsung oleh Distrik Navigasi.

Sementara itu, untuk mobile crane yang mengalami insiden tersebut juga merupakan milik swasta dan saat ini sedang diupayakan evakuasi oleh pihak distrik Navigasi.

 

###

Tentang Pelindo III:

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo III adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhanan. Tugas, wewenang, dan tanggung jawab Pelindo III mengelola 43 pelabuhan yang tersebar di 7 provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, serta memiliki 23 anak perusahaan dan afiliasi. Pelindo III menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo III mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi negara dan masyarakat.

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Wilis Aji Wiranata
VP Corporate Communication
PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)
Jl. Perak Timur  610 Surabaya
Telp         : (031) – 3298631 sd. 37 ext. 3272
HP           : 08113400440
Fax          : (031) – 3295207
Email       : info@pelindo.co.idwilis.wiranata@pelindo.co.id

file

Berita Pers: Klarifikasi Kejadian Crane Roboh di Kawasan Tanjung Emas Semarang (Unduh file)