Berita Pers

Berita Pers

10 January 2020

Korban Banjir di Gresik Perlu Bantuan, Pelindo III Bagikan Ribuan Paket Sembako dan Bantu Perbaikan Tanggul yang Jebol

Surabaya (10/1) - Cuaca ekstrem yang melanda sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk Jawa Timur, mengakibatkan kerusakan yang cukup besar. Ribuan rumah terendam, dan banyak infrastruktur rusak diterjang air bah. Salah satunya melanda Desa Iker-iker Geger, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, yang dilewati Kali Lamong.

Jumat pagi, 10/01, sejumlah perwakilan karyawan Pelindo III mendatangi beberapa lokasi banjir di Desa Iker-iker Geger, yang terdampak langsung akibat meluapnya Kali Lamong. Mereka mendatangi korban dan juga bertemu dengan pejabat pemerintahan setempat mulai dari lurah hingga petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk mendata kerusakan sekaligus menyalurkan bantuan yang dibutuhkan.

“Saya mengirim tim dari Pelindo III untuk berkoordinasi dengan wilayah-wilayah yang terdampak banjir. Mereka membutuhkan bantuan makanan/sembako, obat-obatan, pakaian, dan matras,” ujar Direktur Utama Pelindo III Doso Agung. Ia menambahkan, perusahaan yang dipimpinnya langsung mengirimkan kurang lebih 2.500 paket sembako dan bahan makanan untuk didistribusikan kepada para korban banjir di wilayah Gresik.

Selain bantuan makanan, Pelindo III juga menyiagakan Posko Bantuan Pengobatan melalui anak usaha Pelindo III yakni Rumah Sakit PHC. Doso menambahkan, pihaknya juga tengah menyiapkan penyediaan alat-alat berat untuk perbaikan tanggul-tanggul yang jebol akibat banjir.

“Tim Pelindo III Peduli Banjir terus kami siagakan untuk membantu lebih banyak korban banjir. Kami akan mengoordinasikan bantuan tersebut dengan pejabat di daerah terdampak, termasuk BPBD Gresik sebagai penanggung jawab penanangan bencana,” papar Doso.

Sementara itu, Kepala Desa Iker-iker Geger Kristono menyatakan terima kasih atas dukungan dan bantuan yang diberikan oleh Pelindo III.

“Saya mewakili warga desa Iker-iker Geger yang terdampak banjir menyatakan terima kasih atas kepedulian Pelindo III membantu warga kami yang menjadi korban banjir. Yang pasti bantuan sembako dan pengobatan gratis ini besar sekali manfaatnya dan dapat dirasakan langsung oleh para korban. Kami juga sangat berterima kasih karena akan dibantu disediakan alat berat untuk perbaikan tanggul yang jebol. Perbaikan itu sangat diperlukan untuk jangka panjang, mengantisipasi jika ada banjir lagi,” ujar Kristono.

Hujan deras yang melanda Jawa Timur beberapa pekan terakhir di awal tahun 2020 telah membuat Kali Lamong yang melewati sejumlah wilayah meluap dan merendam sejumlah wilayah di sekitarnya. Pelindo III berkomitmen akan terus membantu para korban terdampak banjir sebagai wujud dari BUMN hadir untuk negeri.

 

###

 

Tentang Pelindo III:

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo III adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhanan. Tugas, wewenang, dan tanggung jawab Pelindo III mengelola 43 pelabuhan yang tersebar di 7 provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, serta memiliki 23 anak perusahaan dan afiliasi. Pelindo III menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo III mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi negara dan masyarakat.

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Wilis Aji Wiranata
VP Corporate Communication
PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)
Jl. Perak Timur  610 Surabaya
Telp         : (031) – 3298631 sd. 37 ext. 3272
HP           : 08113400440
Fax          : (031) – 3295207
Email       : info@pelindo.co.idwilis.wiranata@pelindo.co.id

file

Berita Pers: Korban Banjir di Gresik Perlu Bantuan, Pelindo III Bagikan Ribuan Paket Sembako dan Bantu Perbaikan Tanggul yang Jebol (Unduh file)