Berita Pers

Berita Pers

03 May 2019

Pelatihan Pemadaman Api Dengan APAR

Surabaya (3/5) – Kantor Pusat Pelindo III melaksanakan pelatihan pemadaman api (fire drill) menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Jumat (3/5) pagi. Pelatihan melibatkan sekitar 40 orang pegawai perwakilan dari 3 gedung yang ada di blok Kantor Pusat BUMN operator pelabuhan tersebut. 

“Tujuan fire drill guna melatih kesiapsiagaan terhadap penanganan awal terjadinya kebakaran di wilayah kerja. Sebelumnya, Pelindo III telah membentuk Tim Tanggap Darurat untuk melatih kompetensi dalam melakukan penanganan kebakaran saat kondisi yang muncul secara tiba-tiba. Sehingga upaya yang dilakukan dalam memadamkan api dapat segera diatasi dengan benar.” kata VP HSSE Pelindo III Bondan Winarno usai kegiatan.

Dalam kejadian kebakaran skala besar dan api sudah tidak dapat diatasi, maka penggunaaan alat pemadam kebakaran seperti hydrant akan efektif. Namun penggunaan alat ini memerlukan skill dan jumlah manusia yang banyak. Karena pada umumnya hydrant memiliki ukuran dan kapasitas yang besar. “Sementara itu untuk mencegah kejadian kebakaran sejak dini, maka langkah yang tepat adalah melatih kesiapan dan tanggap bagi semua orang untuk mengetahui penanganan yang tepat, salah satunya mengetahui penggunaan APAR,” tambahnya.

Ia melanjutkan, agenda kegiatan pencegahan kebakaran dalam skala dini ini pada akhirnya akan memberikan wawasan bagi setiap orang untuk tidak bertindak panik saat kebakaran masih dapat diatasi. Serta pegawai harus memiliki kesiapsiagaan untuk melibatkan dirinya dalam proses pemadaman. “Sehingga kegiatan pelatihan memadamkan api melibatkan seluruh karyawan, yakni pegawai administrasi dan operasional, termasuk security, petugas kantin, cleaning service. Pelatihan akan dilakukan rutin dalam periode berikutnya,” pungkasnya.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Wilis Aji Wiranata

VP Corporate Communication

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)

Jl. Perak Timur  610 Surabaya

Telp         : (031) – 3298631 s.d. 37 ext. 3272

Fax          : (031) – 3295207

Email       : info@pelindo.co.idwilis.wiranata@pelindo.co.id

file

Berita Pers: Pelatihan Pemadaman Api Dengan APAR (Unduh file)